Saturday 23 July 2016

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GINJAL



PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GINJAL

Apa sih itu GINJAL?     
    Ginjal merupakan organ bagian dalam tubuh kita yang berbentuk seperti kacang. Fungsi dari ginjal sendiri yaitu menyaring kotoran (utamanya urea) dari darah dan bersama dengan air akan membuangnya dalam bentuk urin. Adapun ilmu kedokteran yang mempelajari tentang ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.


Sekarang kenapa kita harus menjaga kesehatan ginjal? Pastinya agar kita tetap sehat. Karna ginjal juga merupakan salah satu organ pencernaan, maka sangatlah bahaya apabila ginjal yang kita miliki mengalami gangguan.
Banyak sekali jenis penyakit ginjal. Salah satunya penyakit Gagal Ginjal, di indonesia sekitar 400 dari sejuta penduduk harus menjalani terapi dengan menggunakan ginjal pengganti. Selain penyakit gagal ginjal, masih banyak lagi penyakit lain yang berhubungan dengan ginjal.

Setelah kita tau bahayanya kalau ginjal kita terserang penyakit mulai dari sekarang kita jaga kesehatan ginjal kita. Bagaimana caranya? Cara sangat simple. Dengan merubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup sehat agar ginjal kita tetap sehat tentunya.
Kamu bisa memulai gaya hidup sehat dengan makan banyak buah dan sayur, kacang-kacangan dan  makanan yang berbasis gandum seperti nasi, roti, mie, dll. Setiap minggu diusahakan makan daging tanpa lemak seperti ikan dan ayam.lalu perbanyak minum air putih, minimalkan mengkonsumsi minuman yang manis-manis. Dan tetap jaga stamina kamu, dengan olahraga secukupnya yang dapat menjaga berat badan kamu. Olahgara yang mungkin bisa kamu lakukan seperti jogging, berenang, bersepeda atau aerobik lembut.

Bagi kamu yang tidak merokok, jangan pernah memulai atau mencoba merokok. Karna apa? Merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Jika kamu sudah terlanjur merokok, disarankan untuk segera berhenti merokok.

Jagalah kesehatan ginjal kamu sebaik mungkin. Semoga artikel ini menjadi referensi bagi kamu semua. Terima kasih banyak telah membaca artikel saya.


No comments:

Post a Comment