Saturday 23 July 2016

SEHAT DENGAN SENAM AEROBIK



       Senam menjadi olahraga yang sangat populer di indonesia saat ini. Banyak sekali jenis senam yang bisa menjadi pilihan olahraga kamu, salah satunya senam aerobic yang sangat digemari oleh perempuan. Mulai dari remaja sampai orang yang sudah tua pun ada yang mengikuti senam aerobik. Sehingga senam aerobik ini menjadi sangat popular.

Senam aerobik ini merupakan sistem latihan fisik yang tujuannya untuk meningkatkan efisiensi masuknya oksigen ke dalam tubuh kita, caranya dengan memadukan gerakan dengan irama musik berdurasi waktu tertentu. Jika  senam aerobik dilakukan secara teratur dapat memperbaiki pola kerja jantung dan paru-paru.

Gimana sih gerakan senam aerobik? Senam aerobik sendiri memiliki tiga aturan dasar yaitu :

1. Gerakan pemanasan (warming up) merupakan persiapan psikologis, fisik, dan emosional untuk melakukan latihan. Tujuannya agar denyut jantung menaik secara berangsur-angsur, melemaskan otot-otot dan persendian, meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan sirkulasi cairan dalam tubuh.

2. Gerakan inti aerobic, gerakan ini adalah gerakan yang telah aktif dengan mengikuti alur tertentu. Gerakan inti bertujuan agar otot-otot tubuh menjadi kuat dan melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh.

3. Gerakan pendinginan, gerakan pendinginan perlu dilakukan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung agar kembali normal. Gerakan pendinginan dilakukan secara bertahap mulai dari intensitas tinggi ke intensitas rendah.

Ada beberapa jenis senam aerobik, diantaranya :
1. Low impact aerobic (aerobik gerakan ringan)
2. Higt impact aerobic (aerobik gerakan keras)
3. Discorobic (kombinasi gerakan ringan dan keras)
4. Aerobic dance (senam aerobik yang dilakukan dengan kombinasi tarian yang indah)
5. Aerobik dengan alat (upaya menambah variasi,intensitas, dan volume latihan. Alat yang digunakan seperti kursi, tali, pita, tongkat, dan bola.
         Sekarang mana senam aerobic yang ingin kamu lakukan? Saya sarankan pilih senam aerobic yang sesuai dengan kemampuan fisik kamu yaa.

Dengan senam aerobic kamu bisa mendapat banyak manfaat kok, ditambah senam aerobic ini ngga ngebosenin karna setiap gerakannya disesuaikan dengan musik yang menyenangkan dan membangkitkan semangat. 

So, tunggu apalagi? Dari pada kamu hanya tiduran dirumah, sibuk dengan gadget kamu mending waktu yang kamu punya digunakan untuk kesehatan kamu. Apalagi kalau kamu ingin tetap terlihat langsing, senam aerobic ini sangat cocok buat kamu.

Mungkin sekian yang bisa saya sampaikan ke kamu-kamu yang lagi baca artikel saya. Terima kasih banyak telah membaca artikel saya.

No comments:

Post a Comment